Instal Net Framework for Windows 8

Hai sobat, Kali ini saya mau share bagaimana cara mengaktifkan fitur .NET Framework 3.5 secara offline di Windows 8. Seperti kita ketahui, Windows 8 ini hanya memiliki .NET Framework 4, sedangkan banyak aplikasi yang masih memerlukan .NET Framework 3.5.


Bagi yang punya koneksi internet bagus dan lancar, gampang sekali mengaktifkan fitur ini, tinggal buka Program and Features, trus centang deh si Framework 3.5, Windows akan mendownload file-file yang diperlukan untuk mengaktifkan fitur ini.


Terus bagaimana yang enggak punya internet atau punya internet tapi super lelet?
Install secara online dengan ukuran sebesar 231Mb-an merupakan kegiatan yang bosan nya mematikan bagi saya, hehe. Saya bukannya tak mencoba-coba sob, saya sudah coba install dengan .NET Framework 3.5 Offline Installer, eh ternyata si installer Frameworknya minta .NET Framework 3.5 nya lagi, mau gak mau kan, mesti terhubung internet juga.

Setelah beberapa lama saya dipaksa "putus asa", saya mulai lagi-lagi pencarian cara mengaktifkan fitur ini secara offline. Ikut nangkring deh di forum-forum punya orang luar. Belasan forum telah dimasuki dan ternyata alhamdulillah, dapat.

Baiklah langsung ke TKP, berikut adalah cara yang saya lakukan, berhasil sampai ketujuan sob :
1. Masukkan DVD installer Windows 8 sobat ke DVD drive atau bisa juga Flash Disk installer, atau bagi yang punya ISO nya, silahkan di mount. (Curhat --> Saya baru tau kalo .NET Framework 3.5 udah ada di DVD installernya, cuma belum aktif)

2. Buka Command Prompt sebagai admin melalui pojok kiri bawah, klik kanan lalu pilih Command Prompt(Admin)


3. Ketikkan perintah seperti berikut :
(bagi yang males ngetik copas aja dari sini)


Ganti /Source:H:\ dengan letak drive letter flash disk atau dvd installer. Di sini saya menggunakan flash disk dengan direktori di H:. Contoh jika flash disk anda terletak di drive E maka ganti seperti ini "/Source:E:\"

7. Trus tunggu deh sampai proses 100%


Kalo udah muncul kaya gini pasti Net Framework 3.5 udah aktif

8. Syukuran gan. hahaha..

Silahkan sobat coba sendiri, saya turut mendoakan bagi yang mencoba, agar berhasil, semangat gan!!!!



Comments
0 Comments
Widget Comment FB-Blog

No comments:

Post a Comment